Friday, May 01, 2015

Model Pengajaran Sosial



Model-model pembelajaran yang termasuk dalam rumpun Sosial ini menekankan hubungan individu dengan masyarakat atau orang lain. Model-model ini memfokuskan pada proses di mana realitas adalah negosiasi sosial. Model-model pembelajaran dalam kelompok ini memberikan prioritas pada peningkatan kemampuan individu untuk berhubungan dengan orang lain untuk meningkatkan proses demokratis dan untuk belajar dalam masyarakat secara produktif. Dalam rumpun model interaksi sosial ini terdapat lima model pembelajaran, yaitu : 

1. Investigasi Kelompok (Group Investigation) dengan Tokoh Herbert Thelen dan John Dewey; 

Mengembangkan keterampilan-keterampilan untuk berperan dalam kelompok yang menekankan keterampilan komunikasi interpersonal dan keterampilan inkuari ilmiah. Aspek-aspek pengembangan pribadi merupakan hal yang penting dari model ini. 


2. Bermain Peran (Role Playing) dengan Tokoh Fannie Shaftel dan George Shafted; 
Didisain untuk mengajak peserta didik dalam menyelidiki nilai-nilai pribadi dan sosial melalui tingkah laku mereka sendiri dan nilai-nilai yang menjadi sumber dari penyelidikan itu. 

3. Penelitian Yurisprudensial (Jurisprudential Inquiry) dengan Tokoh National Training Laboratory Bethel, Maine Donald Oliver dan James P.Shaver; 
Pengembangan keterampilan interpersonal dan kerja kelompok untuk mencapai, kesadaran, dan fleksibilitas pribadi. Didisain utama untuk melatih kemampuan mengolah informasi dan menyelesaikan isu kemasyarakatan dengan kerangka acuan atau cara berpikir Jurisprudensial (ilmu tentang Hukum-hukum manusia). 

4. Inkuiri Sosial dengan Tokoh Byron Massialas dan Benjamin Cox; 
Pemecahan masalah sosial, utamanya melalui inkuari ilmiah dan penalaran logis. 

5. Simulasi Sosial dengan Tikih Sarene Boocock; 
Didisain untuk membantu pengalaman peserta didik melalui proses sosial dan realitas dan untuk menilai reaksi mereka terhadap proses-proses sosial tersebut, juga untuk memperoleh konsep-konsep dan keterampilan-keterampilan pengambilan keputusan. 


source: 
Joice, B dan Weil, M. 2011. Models of Teaching. Terjemahan : Achmad Fawaid, Model-Model Pembelajaran, Jakarta, Pustaka Pelajar.

0 komentar:

Post a Comment

 

Pilar Wawasan Copyright © 2016